5 Peristiwa Tsunami Terbesar di Dunia

Sepanjang sejarah terjadinya gempa bumi di berbagai belahan dunia kerap disusul dengan adanya Tsunami yang menghempas daratan. Berikut 5 peristiwa tsunami terbesar yang pernah terjadi di dunia :

1. Tsunami Lisbon

Gempa berkekuatan 9,0 SR terjadi di daerah Lisbon,  Portugal, pada 1 November 1755 akibatnya bangunan-bangunan di sana pun roboh seketika dan terjadi kebakaran yang membuat banyak orang meninggal dunia dengan cara terbakar hidup-hidup. 40 menit berselang dari perairan muncul gelombang tsunami yang tingginya hampir mencapai 30 meter yang menyebabkan sekitar 70 ribu orang di Portugal, Spanyol, dan Maroko meninggal dunia.

2. Tsunami Letusan gunung Krakatau

Pada tahun 1883 Gelombang Tsunami yang disebkan letusan gunung krakatau mencapai 40 meter dan menyapu setidaknya 165 desa di wilayah Jawa dan Sumatera diketahui kurang lebih menewaskan korban sebanyak 36.000 Jiwa. Letusan tersebut merupakan letusan gunung api terbesar sepanjang sejarah.

3. Tsunami Laut China Selatan

Tsunami Laut China Selatan terjadi pada tahun 1782, diketahui sebab dari terjadinya tsunami adalah gempa tektonik yang berasal dari dasar lautan. Diketahui gelombang tsunami menerjang daratan hingga sejauh 120 kilometer dan menewaskan sebanyak 40.000 jiwa.

4. Tsunami Aceh

Pagi hari pada tanggal 26 Desember 2004 gempa berkekuatan 9,1 Skala Richter terjadi di daerah lepas pantai Sumatera yang berdekatan dengan provinsi nanggroe Aceh darussalam, gempa mengakibatkan  Gelombang Tsunami yang besar dan juga menyapu beberapa wilayah di Aceh, India, Sri Lanka, Thailand, Maladewa, dan wilayah Afrika Timur. diketahui korban mencapai 226.000 Jiwa.

5. Tsunami Pantai pasifik Utara

Gempa berkekuatan 9,1 SR juga terjadi di negeri Sakura pada maret 2011, Gempa yang mengakibatkan Gelombang Tsunami menyebabkan 120 ribu unit bangunan hancur. Diketahui tinggi gelombang kurang lebih mencapai 40 meter dengan kecepatan melaju hingga 800 km/jam .

Selain itu Tsunami ini juga menyebabkan kegagalan di PLTN Fukushima Daiichi yang berimbas pada kebocoran bahan radioaktif sehingga menjadikan daerah tersebut (Fukushima Daiichi) sebagai darurat nuklir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *